Senin, 14 Januari 2013

Menghargai sebuah hasil.



Setiap manusia tentunya mempunyai tujuan hidup. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Akan tetapi, dari tujuan yang berbeda tadi semua orang akan menginginkan hasil yang sama yaitu; kesuksesan. Pada akhirnya setiap orang akan menginkan sebuah prestasi terhadap apa yang telah diimpikan dan apa yang telah diusahakan. Tidak ada orang yang mengharapkan adanya kegagalan. Setiap orang tentu mengharapkan sebuah kesuksesan.
Akan tetapi, apakah setiap orang mampu meraih kesuksesan atau prestasi yang membanggakan? Jawabannya adalah tidak. Kita tentu sering berpikir bahwa usaha merupakan faktor utama yang paling menentukan berhasil tidaknya seseorang. Tapi, tahukah anda? Pemikiran kita selama ini telah melenceng jauh. Usaha yang keras bukanlah faktor  utama dari sebuah kesuksesan, tapi yang menjadi penentunya adalah berani mengambil kesempatan yang ada.
Mengapa? Kita tahu, setiap orang pasti memiliki usaha yang keras untuk mewujudkan apa yang diimpikannya. Tapi, tidak semua orang berani mengambil sebuah kesempatan untuk menunjukan bahwa dia bisa. Kebanyakan dari kita yang berasal dari daerah-daerah terpencil merasa tidak berani bersaing dengan teman-teman yang berasal dari daerah pusat. Itulah sebabnya kita tidak pernah dipandang sebagai daerah yang mampu bersaing dengan daerah-daerah yang lain. Padahal skill yang kita miliki tidak jauh beda dengan daerah-daerah lain. Semuanya tergantung bagaimana usaha kita masing-masing.
Akan tetapi, kita terlanjur ‘tenggelam’ dalam pemikiran kita sendiri bahwa kita tidak akan pernah bisa mengalahkan mereka-mereka yang dari pusat. Akibatnya begitu banyak kesempatan emas yang kita buang begitu saja. Oleh karena itu untuk mencapai sebuah kesuksesan paling tidak kita harus memiliki 3 buah komitmen dalam diri kita masing-masing, yaitu:
·                Mengambil kesempatan yang ada.
Ini adalah hal yang paling utama yang harus kita lakukan. Kita harus berani bermimpi, kita harus berani mencoba. Karena tanpa mencoba kita tidak akan pernah tahu sejauh mana kemampuan kita. Ketika pada kesempatan pertama kita gagal, maka itupun adalah sebuah prestasi bagi diri kita. Berikan pemikiran untuk menghargai diri sendiri, dan jadikan prestasi ‘gagal’ itu sebagai motivator agar kita bisa meraih prestasi yang membanggakan.
·         Berusaha dan meyakini apa yang kita lakukan.
Setelah mengambil kesempatan yang ada, kita harus yakin bahwa kita bisa. Bahwa apapun yang terjadi, kita sudah berusah secara maksimal. Kita harus meyakini diri kita sendiri, bahwa kita mampu dan kita bisa. Karena tidak ada hukum apapun dalam meraih sebuah kesuksesan. Siapapun kita, dimanapun kita, dan darimanapun kita, kita tetap bisa berprestasi dan menjadi orang-orang yang sukses.
·         Menhargai usaha yang kita lakukan.
“Berusaha menjadi yang terbaik akan memotivasi dirimu, akan tetapi, berusaha menjadi sempurna akan membuatmu tertekan”. Begitulah manusia. Akan kecewa dan tidak mau lagi berusaha ketika apa yang di harapkan tidak menjadi kenyataan. Saat kesuksesan belum menghampiri, dan yang datang malah kegagalan, kita langsung merasa down. Padahal apapun yang telah kita lakukan maka itulah prestasi. Mungkin prestasi yang kita dapat belum mencapai tingkat kesuksesan. Tapi berilah sedikit penghargaan untuk diri kita sendiri, dan jadikanlah motivasi untuk mencapai sebuah prestasi yang mendekati sebuah kesuksesan yang membanggakan.
Hidup adalah menunda kekalahan. Begitulah kata Chairil Anwar.  Oleh karena iti teruslah bersikap optimis dan berusaha mengambil setiap kesempatan yang ada. Karena di setiap kesempatan pasti tersembunyi sebuah kesuksesan kecil dan kesuksesan besar yang sengaja Tuhan selipkan untuk kita. Hargailah setiap kesuksesan yang kita dapat. Karena jika pada awalnya kesuksesan kecil yang kita dapat, akan ada kegagalan kecil yang menemaninya. Dan di setiap kesuksesan besar ada tantangan besar yang harus kita selesaikan. Yang manakah yang harus kita pilih? Itu semua tergantung pada kita sendiri. Yang jelas, jadilah orang yang terus berusaha untuk sukses. Dan jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Life is go on!

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 maycut on post