Minggu, 24 Maret 2013

little tips about hurt...^_^



Malam ini, diantara penderitaan insomnia dadakan akibat kebanyakan tidur siang (yg diakibatkan oleh obat batuk) aku tiba-tiba jadi kepingin menulis tentang penyakit ringan dan pertolongan pertamanya..
Well, dilarang ketawa! Soalnya aku serius loh.
Hmm, dimulai dari mana ya?
Ide cerita ini ada , karena aku berfikir, daripada aku sering mendapat luka tapi nggak bermakna dan sama sekali nggak membawa manfaat, jadi agar lukanya jadi bermakna aku bisa berbagi cara mengobati luka-luka ringan sesuai dengan pengalamanku?. Nah lho apa maksudnya coba? Hehehe.
well, untuk urusan cedera aku ini cukup profesional loh.. -_-...


Minggu ini saja, aku sudah mendapat 3 luka sayat, dan 2 luka lembam. Dulu, seingatku saat kecil, ibuku pasti selalu memeriksa kaki atau tanganku, karena yaa sering sekali luka. Dirumah, akulah orang yang paling sering jatuh atau kecelakaan motor. Tahun lalu, dua kali aku pulang dalam keadaan luka karena terserempet dan jatuh. Ibuku sampai shock, liat anaknya pulang-pulang berdarah.
Jujur, awalnya aku nggak pernah ambil pusing, tapi kalau dipikir-pikir kok bisa ya aku seceroboh itu? sungguh kawan, hanya Allahlah yang Tahu
Ok, cukup sudah, membahas tentang ketidak waspadaanku.. soalnya, aku ingin membagikan tips-tips pertolongan pertama pada luka ringan.. dan asala tahu saja, tips ini didapat dari pengalamanku yg super sekali dalam menangani luka (hadeeuh)
1)                  Luka sayat.
Hal pertama yg harus kita lakukan bila tersayat adalah, lihat dulu sayatannya. Kalau dalam, tutup luka sayatan (lekatkan lukanya, karena kalau luka sayat itu pasti punya dua sisi) tersebut dan cuci dengan air. Pastikan lukanya bersih. Lap dengan kain kaos kering atau katun yang kering. Hindari memakai kain kotor ataupun yang memiki serabut benang, dan kapas, karena nanti bisa nempel di lukanya. Saat darahnya sudah berhenti, teteskan betadine secukupnya. Angin-anginkan sampai kering, usahakan untuk tidak memakai plester, tapi kalau sayatannya besar, tutp saja dengan kain kasa, atau plester boleh juga.
 Kalau darahnya tidak berhenti tekan tepat di atas lukannya dengan lembut (agak perih sih) terus tunggu sampai berhenti,  kalau darahnya tetap nggak berhenti langsung lapor orang tua/teman terdekat.
Nah, kalau sayatannya ga dalam. Biarin aja, nanti juga sembuh sendiri.

   2)        Luka tusuk.
Luka ini biasa terjadi karena terutusuk tutup kaleng yang baru separo terbuka, tertusuk peniti, atau tertusk pisau. Kalau luka tusuknya dalam dan mengeluarkan banyak darah, dan terasa perih, ambil kain bersih dan tekan tepat diatas luka. Kalau darahnya berhenti, bersihkan dengan kain basah, kemudian teteskan betadine/obat merah. Tunggu sampai betadinenya mengering, atau bisa juga langsung dibalut (kalau tertusuk di tubuh bagian lingkar kecil, seperti tangan, jari atau kaki) dengan kain kasa, dan di plester. Atau di perban bila tertusuk dibagian tubuh yg datar, (pinggang, perut, paha). Memang bakalan terasa sangat perih untuk luka tusuk, karena lukany terbuka, jadi ushakan kurangi gerakan pada tubuh yg terluka. Dan kalau lukanya dalam, langsung ke dokter.
3)        Luka gores.
Biasanya saat kita jatuh, atau terserempet meja, tembok kasar atau kayu. (aku sering banget mendapat luka jenis ini). Luka gores hanya menggerus permukaan atas kulit, dan biasanya hanya mengeluarkan sedikit darah. Tapi kalau kena air, pedihnya minta ampun deh. Nah kalau sudah tergores seperti ini, pastikan tidak ada debu yang menempel di luka, setelah itu cuci tangan, ambil jari telujuk usapkan dilidahmu sendiri (ingat jangan lidah orang lain! ) lalu oleskan di luka. Bahasa halusnya air liur kita sendiri. Eits, jangan dianggap remeh loh, Rasul saja kalau luka, lukanya diusap pakai liurnya beliau. Soalnya di aiar liur kita itu ada antibiotic alami, kalau nggak percaya cek google deh. Pokoknya usapkan air liur, tunggu hingga kering, udah beres. Tapi kalau mengeluarkan darah, cukup pakai obat merah (betadine)

4)        Luka lembam/memar/benjol.
Ini aku juga sering banget dapet. Pastikan memarnya bagaimana. Kalau bitu terang dan saat disentuh dengan lembut saja terasa sakit, maka oleskan obat. Namanya Trhombophot. Kalau memarnya/lembamnya hanya coklat tua, atau merah its ok. Itu juga bakalan sembuh sendiri kok.
Nah, untuk benjol yang sebesar bola pingpong dan rasanya periiiiiih bgt, caranya ambil kain, ambil segenggam, bulatkan dan hembuskan nafas lewat mulut ke kain yang tergumpal tadi, sampai kain itu panas dan tempelkan ke benjolan tadi. Rasanya bakalan enak kok. Kalau belum hilang, ambil daun singkong/ubi, bejek-bejek sampai halus tempelkan di benjolan, tunggu sampai 10 menit, insyaAllah udah nggak sakit lagi. Dan kalau belum hilang baru pakai Trhombophot.
5)                  Untuk batuk dan flu.
Jadi, kalau awalnya kerongkomgannya sudah sakit, atau sudah mulai bersin-bersin coba kumur-kumur pakai air garam, sampai terasa ke kerongkongan. Tapi jangan ditelan ya,  (hipertensi nanti). Air garam membunuh bakteri dikerongkongan yang mengakitbatkan flu dan batuk.
6)   Untuk demam.
Demam itu bukan penyakit, tapi gejala penyakit. Jadi kalau demam, jangan langsung minum obat, tapi coba banyak-banyak minum air hangat, dan langsung istirahat. kalau ada madu, bisa ditambah madu satu sendok.

7)        Kalau jatuh dari motor/terpelanting/jatuh dari tempat tinggi.
Kalau kita jatuh dari kendraan yang sedang melaju cepat, dan terlempar sampai berbaring, maka jangan buru-buru bangkit (kecuali kalau kita terlempar ke tengah jalan.) bangkitlah secara perlahan-lahan. Dan jangan langsung menumpukan berat badan pada tangan dan kaki. Gerakan kedua tangan dan kaki perlahan, rasakan apakah ada yang aneh atau terasa aneh di kaki atau tangan. Jika ya, maka bangunlah dengan menumpukan berat badan pada bagian tubuh yg tidak terasa sakit,  atau jangan bergerak dan mintalah bantuan orang lain untuk membangunkanmu, karena bisa jadi tulang tangan atau kakimu terkilir atau patah. Kalau kita bergerak secara tiba-tiba dan spontan, maka cederanya akan tambah parah.
Akan tetapi, kalau kaki dan tangan kita baik-baik saja dan hanya agak  merasa shock, maka duduklah tegak, tekuk kaki dan letakkan kepala di lutut. Tarik nafas dan hembuskan secara panjang, perlahan dan teratur sampai nafas dan debaran jantung kembali normal. Pastikan debaran jantung normal dan rileks kembali, sebelum mengendarai motor kembali.
Untuk jatuh dari tempat yang tinggi, pastikan tubuh mana yang paling sakit sebelum bangkit. Jika ada bagian tubuh yang terasa ngilu dan sakit luar biasa maka langsung panggil bantuan.
Ok, mungkin itu saja yang bisa aku bagikan. Mohon jangan disamakan dengan prosedur pertolongan pertama yg sesuai standar PMI ya, soalnya itu semua berdsarkan pengalaman pribadiku. Jadi, nggak tentu sama. Heheh ^_^..
 Oh ya, setiap luka pasti akan terasa sakit, di setiap bagian tubuh akan terasa nyeri. Nah untuk menahan nyeri yang kuat, coba silangkan kedua tangan dengan posisi memeluk diri sendiri,  (menurut informasi yg aku baca gerakan ini dapat meredakan nyeri), kalau aku secara pribadi akan menghirup nafas panjang secara teratur, biasanya itu akan sedikit meredakan. Tapi kalau memang sangat nyeri anda bisa meminum obat pereda nyeri, tentu saja dalam pengawasan orang tua atau dokter.



Ok, sekian saja. Semoga bermanfaat ya..
See u.
Cut may.

gambar : http://media.photobucket.com 
              www.meaganbakerphotography.com
              www.google.com

5 komentar:

  1. jangan lupa, jika lukanya akibat tertusuk/tersayat/tergores benda berkarat, bersihkan dengan air, lalu alkohol/jeruk nipis,pastikan benar-benar bersih. Memang sih akan terasa sangat perih, tapi tahan aja sebentar. Kalo ngak, karat yang tersisa di luka akan menyebabkan tetanus. Hiiiiiyyy... Pilih mana, perihh banget tapi sebentar atau tetanus yang akan bertahan lama???

    BalasHapus
  2. hah? sering kali luka ya? hati-hati makanya :)
    nice tips!
    keep on writing!

    BalasHapus
  3. @baraah : ya ampuun bar sadis x, ga kebayang sakitnya.. hiiiii..
    but, patut d coba juga sih..
    thanks dear..:)


    @Bang Muhammad Haekal : hahahah, biasa bg, anak muda..
    thanks.. :)

    BalasHapus
  4. Makin sering luka mka kita semakin peka dan dewasa....hohohoh ;)

    keren cut may...hope sumday u'll be a great writer...:)

    BalasHapus
  5. @rezcis : thank hon..:)

    BalasHapus

Copyright © 2015 maycut on post