Rabu, 30 April 2014

Banda Aceh, Surganya para pecinta kuliner eksotis.




Sejak dulu, Aceh terkenal dengan kayanya rempah-rempah yang menjadi sasaran “tembak” para penjajah. Tapi kali ini, saya tidak akan membahas tentang perperangan memperebutkan “kunci” cita rasa makanan eksotis ini, tapi saya akan membahas tentang apa jadinya jika rempah-rempah ini di olah menjadi kuliner-kuliner yang sangat eksotis rasanya. Aceh terkenal dengan kulinernya yang sangat kental dengan khas Timur Tengah dan India, karena bumbunya yang kaya akan rempah yang dicampurkan, sehingga rasanya kental dan bahkan pedas.
Sebagai Ibu kota Aceh, Banda Aceh merupakan pusat  dari semua kegiatan daerah-daerah di Provinsi Aceh. Termasuk juga urusan kulinernya. Jika anda berkunjung ke Aceh dan ingin mencicipi semua makanan khas Aceh, maka Banda Aceh lah pusatnya.
Berikut ada daftar menu yang paling popular di Aceh yang bisa anda dapatkan dengan mudah.
1. Ayam Tangkap
Ayam Tangkap ini sangat terkenal di Aceh. Sajian makanan yang satu ini amat menarik, yaitu ayam berbumbu yang digoreng bersama daun rempah-rempah yg beraroma harum dan menggugah selera. Biasanya disajikan dengan bumbu kecap dan nasi yang hangat. Dikatakan ayam tangkap karena daging ayamnya di potong kecil-kecil dan tersembunyi di balik daun-daun jadi, kita harus  “menangkap” ayamnya sebelum dimakan. Hehehe.





Nah, untuk ayam tangkap, harga per paketnya Rp 60.000 per ekor. Biasa untuk 4-5 orang. Bisa di dapat di RM Aceh Rayeuk, RM Cut Dek dan RM Hasan atau Di restoran/rumah makan disekitar Kota Banda Aceh, antara lain di Jln.Iskandar Muda ataupun Jl.Ratu Safiatudin, Kota Banda Aceh. 
2. Mie Aceh
Mie ini di masak dengan bumbu yang kaya akan rempah dan potongan-potongan daging atau dengan berbagai macam isi seperti kepiting, cumi-cumi, udang atau jamur.. Mie Aceh sudah menjadi icon dari provinsi Aceh. Harga per porsinya mulai Rp. 7000 - Rp 12.000 per piring. Bisa didapat di RM Mie Razali, Yellow Cafe, REX, Coffee Bay dan masih banyak lagi.
3. Gule Plik U
Gulai khas Aceh ini adalah gulai para raja yang dikenal dengan nama “kuah pliek-u.” Gulai ini dibuat dari campuran berbagai jenis sayuran ditambah “pliek-u” dan kepala ikan asin sebagai penyedapnya. Plik U adalah kelapa yang sudah difermentasi.
Harga per piringnya Rp 8.000. Bisa didapat di RM Aceh Rayeuk, RM Ujung Batee dan rumah makan Aceh lainnya.
4. Gule Kambing (Kari Kambing)
Kari Kambing adalah salah satu makanan tradisional Aceh. Penampakan kari ini tak jauh beda dari gulai kambing pada umumnya. Namun, kari kambing Aceh, kuahnya berwarna kuning dan agak keruh, dengan bau yang sangat segar, aroma bumbu rempah-rempah sangat terasa, tanpa sedikitpun tercium khas kambing. Kuah yang keruh menandakan banyaknya bumbu-bumbu terlarut di dalamnya, lengkap dengan sumsum yang berasal dari tulang.



 Jika menikmati Kari kambing ini, anda sebaiknya menghabiskannya selagi panas, karena jika dingin bumbunya akan mengendap dan minyaknya akan menggumpal sehingga mengurangi kelezatan rasa karinya. Ini juga yang menyebabkan penjual kari selalu memanaskan dan mengaduk karinya di tungku raksasa. Biasanya hidangan ini di sajikan dengan air timun.Air timun ini juga berfungsi sebagai penetralisir agar tidak terjadi darah tinggi. Harga mulai Rp 12.000 per porsi. Bisa ditemukan di RM Aceh Rayeuk, RM Hasan, RM Aceh Spesifik, RM Nasi Kambing, dll.
5. Martabak Aceh
Martabak ini bukanlah martabak manis yang biasanya di taburi keju atau meses, akan tetapi terbuat dari tepung terigu yang ditutui dengan telur yang sudah dicampur dengan berbagai jenis sayur yang telah dipotong kecil-kecil dan bumbu yang sedap. Biasanya disajikan dengan acar bawang merah dan cabe rawit.
Uniknya, alat masak yang digunakan berbentuk petak dan datar. Harga mulai Rp 7.000 per porsi. Bisa ditemukan di REX, Peunayong, Ulee Kareng, Helsinki, Dapu Kupi, dll.
6. Roti Canai
Tepung terigu yang sudah dibentuk bulat dimasak dengan menggunakan mentega. Kemudian disajikan dengan berbagai macam rasa seperti durian, kari ayam, kari kambing, cokelat ataupun hanya gula pasir. Harga mulai Rp 8.000 per porsi. Bisa ditemukan di Canai Mamak KL, Setui.




7. Ikan Kayu (Keumamah)
Ikan kayu atau eungkot Keumamah, ini sudah terkenal sejak masa peperangan di Aceh. Ikan yang dikeringkan ini sangat nikmat bila dimasak dengan gulai Aceh. Ikan kayu adalah ikan tongkol yang dikeringkan hingga mengkeras, sehingga saat dimakan kriuk” gitu looh! Warna cokelat kemerahan melumuri potongan kecil daging ikan. Rasanya pedas, gurih dengan rasa keras renyah daging ikan kayu. Makin enak saat diaduk dengan nasi putih hangat.
Menariknya, ikan ini bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Oleh karena itu juga makanan ini menjadi andalan orang Aceh ketika perang, enak dimakan dan tahan lama.

Nah, bagaiman saudara-saudara? Sudahkah lidah anda bergoyang? Hehe
Jadi, jika anda berkunjung ke Banda Aceh, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Aceh di atas, nikmati sensai rempah khatulistiwa yang benar-benar akan membuat anda ketagihan. Jangan ngaku pecinta kuliner Indonesia kalau belum ke Banda Aceh. Selamat mencoba!

                          ayokeaceh.wordpress.com

8 komentar:

  1. bikin ngiler aja nih ngeliat makanannya haha. mampir juga ya kemari
    mhdharis.wordpress.com/2014/04/27/banda-aceh-punya-situs-objek-wisata-tsunami-yang-wajib-dikunjungi/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ...

      ok sip.. mksh ya udah berkunjung.. :D

      Hapus
  2. Tulisan yang menarik. Info tentang Wisata Aceh disini juga ada : http://acehplanet.com/

    BalasHapus
  3. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    BalasHapus
  4. kayaknya mantap nih,minta ijin dong buat aku share di http://peluangusahakulinerterbaru.com yah itung itung buat mempromokan kuliner aceh biar semakin dikenal

    BalasHapus
  5. Perusahaan Kerupuk Udang dan Ikan UD Rolisa.

    UD Rolisa merupakan perusahaan industri yang bergerak di bidang pembuatan makanan kerupuk berbahan dasar udang dan ikan didirikan pada tanggal 16 September 2014 bertempat di desa Kebonagung Porong Sidoarjo. Visi perusahaan ini adalah menjadi penyedia kerupuk yang mengendapkan kualitas dan cita rasa. Sedangkan misi dari perusahaan kamu adalah memenuhi selera masyarakat akan kerupuk udang dan ikan berkualitas dengan harga terjangkau. Seperti perusahaan makanan pada umumnya, perusahaan kami menjaga agar produk yang dihasilkan selalu higienis dsn berkualutas dengan bahan baku yang sesuai dengan standar pangan seperti tepung, ikan, udang, telur, baking, gula, dan garam pilihan. Produk yang kami hasilkan berupa kerupuk udang dan ikan dengan berbagai jenis ukuran dan kemasan.

    Proses Pembuatan

    Proses bisnis perusahaan ini dimulai dengan pembelian bahan baku utama seperti udang dan ikan yang dipilih langsung dari nelayan-nelayan selepas melaut agar mendapatkan hasil yang terbaik. Proses selanjutnya adalah melakukan pencampuran bahan dengan bumbu-bumbu pilihan dengan resep turun temurun satu adonan. Adonan yang telah tercampur dicetak dengan menggunakan cetakan khusus dan dimasak dalam waktu yang sesuai. Proses selanjutnya adalah pemotongan adonan yang telah matang sempurna dengan mesin potong otomatis yang kemudian diteruskan dengan proses oven dan packing sehingga siap disajikan kepada konsumen. Kami memilili beberapa keunggulan dari produk pesaing yaitu dari mesin dan proses pembuatan yang dipegang oleh tangan-tangan berpengalaman menangani kerupuk serta berkualitas dengan harga terjangkau.

    Produk Kami

    Dengan bahan baku yang berkualitas dan proses yang berpengalaman menjadikan sebuah cita rasa yang terdapat dalam kerupuk kami dengan cap nangka. Kami menyediakan produk kerupuk dalam 7 ukuran yang berbeda sesuai dengan selera masyarakat yaitu :

    Mente : dengan ukuran kerupuk 4 cm x 3 cm bentuk seperti kacang mente kecil memenuhi kebutuhan keluarga yaitu camilan sehari-hari. Terdapat dua varian warna putih dan oren.

    Mini : dengan ukuran kerupuk 6 cm x 5 cm bentuk seperti lidah memenuhi kebutuhan sebagai pendamping makanan sehari-hari. Terdapat dua varian warna putih dan oren.

    Kancing : dengan ukuran kerupuk 7 cm x 6 cm bentuk seperti lidah. Kancing lebih besar dari mini. Kerupuk ini sebagai pendamping makanan pada restoran-restoran dan terdapat dua varian warna putih serta warna oren.

    Gondang : dengan ukuran kerupuk 8 cm x 7 cm bentuk seperti lidah cuman lebih besar dari kancing. Kerupuk ini sebagai pendamping baik catering maupun nasi kotak. Terdapat dua varian warna putih serta oren.

    Tanggung : dengan ukuran lebih besar 12 cm x 7 cm lebih besar dari mente, mini, dan kancing. Terdapat dua varian warna putih serta oren. 

    Mini Indramayu : dengan ukuran kerupuk 7 cm x 5 cm bentuk seperti setengah bulan sabit berwarna putih tulang. Kerupuk ini sebagai camilan serta memenuhi kebutuhan rumah tangga.

    Kancing Indramayu : dengan ukuran 9 cm x 5 cm bentuk seperti setngah bulan sabit berwarna putih tulang. Kerupuk ini cocok untuk camilan serta acara-acara resmi. 

    Tujuh produk kami di atas kami sebarkan dengan ukuran kemasarn yang bermacam-macam pilihan yaitu 250 gram dan 5 kg sesuai dengan kebutuhan selera masyarakat indonesia.

    Pemasaran kami sudah masuk di pasar seluruh Indonesia dan Mancanegara. Malaysia, Kalimantan, Solo, Cepu, Pekalongan, Bali, Jakarta, Semua provinsi di Jawa Timur, Aceh, Padang, Lampung, Sulawesi, Lombok, dll. Kami membuka peluang bisnis bagi rekan-rekan yang ingin membuka usaha, kami membuka peluang untuk menjadi agen maupun distributor produk kami. Ada harga khusus untuk agen maupun distributor produk kami.

    UD Rolisa - Iponk Niyazi ( 081259466289 - 08563462877 Pin BBM 2AEDEFCC)  

    BalasHapus
  6. Perusahaan Kerupuk Udang dan Ikan UD Rolisa.

    UD Rolisa merupakan perusahaan industri yang bergerak di bidang pembuatan makanan kerupuk berbahan dasar udang dan ikan didirikan pada tanggal 16 September 2014 bertempat di desa Kebonagung Porong Sidoarjo. Visi perusahaan ini adalah menjadi penyedia kerupuk yang mengendapkan kualitas dan cita rasa. Sedangkan misi dari perusahaan kamu adalah memenuhi selera masyarakat akan kerupuk udang dan ikan berkualitas dengan harga terjangkau. Seperti perusahaan makanan pada umumnya, perusahaan kami menjaga agar produk yang dihasilkan selalu higienis dsn berkualutas dengan bahan baku yang sesuai dengan standar pangan seperti tepung, ikan, udang, telur, baking, gula, dan garam pilihan. Produk yang kami hasilkan berupa kerupuk udang dan ikan dengan berbagai jenis ukuran dan kemasan.

    Proses Pembuatan

    Proses bisnis perusahaan ini dimulai dengan pembelian bahan baku utama seperti udang dan ikan yang dipilih langsung dari nelayan-nelayan selepas melaut agar mendapatkan hasil yang terbaik. Proses selanjutnya adalah melakukan pencampuran bahan dengan bumbu-bumbu pilihan dengan resep turun temurun satu adonan. Adonan yang telah tercampur dicetak dengan menggunakan cetakan khusus dan dimasak dalam waktu yang sesuai. Proses selanjutnya adalah pemotongan adonan yang telah matang sempurna dengan mesin potong otomatis yang kemudian diteruskan dengan proses oven dan packing sehingga siap disajikan kepada konsumen. Kami memilili beberapa keunggulan dari produk pesaing yaitu dari mesin dan proses pembuatan yang dipegang oleh tangan-tangan berpengalaman menangani kerupuk serta berkualitas dengan harga terjangkau.

    Produk Kami

    Dengan bahan baku yang berkualitas dan proses yang berpengalaman menjadikan sebuah cita rasa yang terdapat dalam kerupuk kami dengan cap nangka. Kami menyediakan produk kerupuk dalam 7 ukuran yang berbeda sesuai dengan selera masyarakat yaitu :

    Mente : dengan ukuran kerupuk 4 cm x 3 cm bentuk seperti kacang mente kecil memenuhi kebutuhan keluarga yaitu camilan sehari-hari. Terdapat dua varian warna putih dan oren.

    Mini : dengan ukuran kerupuk 6 cm x 5 cm bentuk seperti lidah memenuhi kebutuhan sebagai pendamping makanan sehari-hari. Terdapat dua varian warna putih dan oren.

    Kancing : dengan ukuran kerupuk 7 cm x 6 cm bentuk seperti lidah. Kancing lebih besar dari mini. Kerupuk ini sebagai pendamping makanan pada restoran-restoran dan terdapat dua varian warna putih serta warna oren.

    Gondang : dengan ukuran kerupuk 8 cm x 7 cm bentuk seperti lidah cuman lebih besar dari kancing. Kerupuk ini sebagai pendamping baik catering maupun nasi kotak. Terdapat dua varian warna putih serta oren.

    Tanggung : dengan ukuran lebih besar 12 cm x 7 cm lebih besar dari mente, mini, dan kancing. Terdapat dua varian warna putih serta oren. 

    Mini Indramayu : dengan ukuran kerupuk 7 cm x 5 cm bentuk seperti setengah bulan sabit berwarna putih tulang. Kerupuk ini sebagai camilan serta memenuhi kebutuhan rumah tangga.

    Kancing Indramayu : dengan ukuran 9 cm x 5 cm bentuk seperti setngah bulan sabit berwarna putih tulang. Kerupuk ini cocok untuk camilan serta acara-acara resmi. 

    Tujuh produk kami di atas kami sebarkan dengan ukuran kemasarn yang bermacam-macam pilihan yaitu 250 gram dan 5 kg sesuai dengan kebutuhan selera masyarakat indonesia.

    Pemasaran kami sudah masuk di pasar seluruh Indonesia dan Mancanegara. Malaysia, Kalimantan, Solo, Cepu, Pekalongan, Bali, Jakarta, Semua provinsi di Jawa Timur, Aceh, Padang, Lampung, Sulawesi, Lombok, dll. Kami membuka peluang bisnis bagi rekan-rekan yang ingin membuka usaha, kami membuka peluang untuk menjadi agen maupun distributor produk kami. Ada harga khusus untuk agen maupun distributor produk kami.

    UD Rolisa - Iponk Niyazi ( 081259466289 - 08563462877 Pin BBM 2AEDEFCC)  

    BalasHapus

Copyright © 2015 maycut on post