Selasa, 28 April 2015

Ide Hebat : 'Local tourism', inovasi membangun Negeri.


            'Localtourism', inovasi membangun Negeri.
Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki aset pariwisata terbesar di dunia. Semua keindahan alamnya dapat diexplore sebagai objek pariwisata, mulai dari gunung, laut, pantai, hutan, padang sabana, dan kebudayaan. Seperti yang kita tahu, usaha pariwisata adalah salah satu sektor yang paling menjanjikan, jika dapat dikelola dengan baik, maka usaha ini benar-benar akan sangat menguntungkan. 

               Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, menyatakan pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia tahun 2014 mencapai 9,39 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Angka itu di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,7 persen. Hal itu disampaikan Sapta saat mengikuti salah satu pameran pariwisata terbesar di dunia, yakni Internationale Torismus Börse di Berlin, Jerman. (sumber : Kementrian pariwisata Indonesia.)
              Begitu besarnya keuntungan bisnis yang akan kita dapat dari sektor pariwisata.
  Keuntungan adalah tujuan utama dari setiap pengusaha. Setiap pengusaha akan mengerahkan segala kemampuan dan kreatifitas yang dimilikinya untuk mengembangkan usahanya menjadi sesuatu yang menguntungkan. Tapi, sebagai manusia kita lupa bahwa seharusnya keuntungan yang kita dapat tidak hanya menguntungkan diri kita sendiri, tapi juga lingkungan dan masayarakat.
             Begitu banyak sektor usaha pariwisata di Indonesia, begitu banyak peluang usaha yang ada, dan begitu banyak keuntungan yang akan didapat.
 Tapi, kita selalu menjadi tikus yang mati di dalam lumbung padi.
            Menjadi negara yang memiliki aset pariwisata yang besar tidak lantas menjadikan penduduk Indonesia makmur sentosa. Indonesia, seperti halnya Maldives dan Afrika memiliki penduduk lokal yang tetap menjadi penggagguran, miskin dan terbelakang. Keuntungan besar dari setiap keindahan pariwisata hanya menjadi milik investor jasa tour pariwisata dan perhotelan, sedangkan penduduk lokal hanya kebagian sebagai aksesoris daya tarik tempat wisata tersebut.
            Oleh karena itulah, ide bisnis ini muncul. Mengembangkan penduduk lokal sebagai salah satu pengusaha wisata sekaligus menyelamatkan ekosistem lingkungan hidup setempat.
Bisnis Localtourism ini adalah sebuah invosai untuk mengembangkan masyarakat lokal sebagai pelaku bisnis mandiri yang bekerja sama dengan penyedia tour pariwisata. Konsep yang diterapkan adalah kerja sama dengan penduduk lokal dengan mengembangkan potensi pariwisata lokal, seperti lingkungan, pendidikan, kuliner dan kebudayaan.
              Ide bisnis “Local tourism”.
1.     Membuka sebuah jasa paket pariwisata, di sebuah daerah. Contoh  “Let`s lost in Sabang!”.
2.   Mengajak masyarakat untuk bekerja sama menjadi pengusaha pariwisata daerah setempat, dengan  memberikan pelatihan dan pengetahauan tentang konsep pariwisata, serta mem-branding usaha-usaha mandiri masayarakat sebagai salah satu paket wisata yang akan dikunjungi oleh wisatawan, sebagai gantinya para pengusaha mandiri akan memeberikan fee sesuai perjanjian kepada pihak penyedia tour.
3.     Tugas utama paket tour wisata adalah mempromosikan dan mengembangkan daerah tersebut.
4.     Menerapkan ecotourism. Menjaga lingkungan tetap hidup.
5.    Masyarakat di daerah tersebut diberi pelatihan dan pengarahan untuk memajukan  lingkungan dan menciptakan bentuk usaha mandiri yang efisien dan kreatif.
Misalnya :
a. Untuk daerah pantai membuka penangkaran penyu, pembudidayaan rumput laut, penanaman mangrove, kerang, dantambak ikan hiu.
b.      Untuk daerah pegunungan dan hutan membuka/mengembangkan  penangkaran hewan liar seperti orang hutan, harimau, buaya dan gajah juga dapat  bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk membuat penagkaran tersebut. 
c.       Membuat pelatihan kerajinan tangan sebagai oleh-oleh khas, seperti kaos, gantungan kunci, gelang, pakaian adat dan benda-benda khas daerah tersebut.
d.      Mengembangkan pelatihan kebudayaan seperti pertunjukan menari, acara adat, nyanyian dan upara adat.
e.      Mengajarkan konsep usaha mandiri agar penduduk dapat membuka rumah makan atau menjual  makanan khas daerahnya, misalnya kue lumpia sabang, dodol, rujak dan lain-lain.
6.       Pelatihan bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia bagi penduduk lokal untuk menjadi tour guide.
7.   Mengembangkan Edu-tourism. Yaitu pariwisata pendidikan kepada pelajar, seperti pengenalan sejarah daerah setempat, pelatihan cara berkebun, cara menanam padi,  cara beternak, dan kebudayaan daerah serta alam. 
8.   Pihak travel akan mempromosikan sabang  dan usaha-usaha wisata oleh penduduk local yang sudah di training tadi, dengan keuntungan misalnya 25% dari setiap tempat kepada pihak travel, yang mana 15% keuntungan murni, dan 10% lagi untuk perkembangan daerah tersebut.
9.  Setiap keuntungan yang di dapat dari semua tempat yang dikunjungi turis 10% nya akan digunakan untuk mengembangkan daerah tersebut, seperti membangun perpusatakaan desa, sarana air bersih, pendidikan gratis, pelatihan dan fasilitas-fasilitas yang lain.

Keuntungan Localtourism :
1. Penduduk asli lebih memahami karakteristik tempatnya., sehingga dapat menyediakan pelayanan yang lebih memuaskan kepada wisatawan .
2. Wisatawan cenderung menyukai daerah yang memiliki karakteristik yang khas. Misalnya daerah   Sabang  yang terkenal dengan pantai yang indah. Jika ditambah dengan adanya tempat penangkaran penyu, penangkaran hiu atau berenang dengan lumba-lumba maka dengan sendirinya minat wisatawan untuk mengunjungi tempat ini akan bertambah. 
3. Lebih banyak keuntungan, karena tersedianya pilihan paket wisata yang lebih banyak dan berkualitas.
4.  Adanya keuntungan yang sama antara penduduk lokal, investor , lingkungan dan wisatawan. 
5.  Penyelamatan lingkungan, kebudayaan dan pemberdayaan masyarakat lokal.
6. Dengan adanya pelatihan dan pengembangan kerjasama pihak tour dan penduduk, maka   kebutuhan akademis penduduk seperti kurangnya wawasan terhadap dunia luar, pengalaman dan pelatihan dapat diminimalisir.
7. Memiliki relasi yang banyak
    Promosi tidak hanya berlangsung dari pihak travel, tapi dari penduduk lokal.

            Local tourism adalah salah satu solusi untuk mengembangkan peluang usaha sebuah daerah. Dengan peluang pariwisata Indonesia ide bisnis ini dapat menyediakan profit keuntungan  yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan paket wisata biasa, kelebihan dari ide bisnis 'Localtourism' ini adalah memiliki tujuan dan paket wisata lebiha banyak dan terjamin, karena dikelola oleh penduduk setempat, keuntungannya tidak hanya menguntungkan satu pihak, tapi 3, yaitu pengusaha, masyarakat sekitar dan lingkungan. Sebagai pengusaha yang baik, tugas kita tidak hanya memikirkan bagaiman mendapatakan keuntungan yang banyak, tapi bagaimana mengembakan usaha sehigga bermanfaat dan menguntungkan. Sudah saatnya kita membangun negeri, menjaga alam dan memberdayakan SDM yang berkualitas.

1 komentar:

  1. Baru dari selltiket.com,
    untuk semua agen selain anda
    bisa menjual tiket pesawat dan tiket kereta api
    sekarang anda juga dapat melakukan pembayaran :
    PLN, Pembelian pulsa, Pembayaran Telkom,
    pembayaran multifinance ADIRA, BAF, MAF, MEGA WOM.
    Gabung sekarang juga di http://agen.selltiket.com

    BalasHapus

Copyright © 2015 maycut on post