Rabu, 12 Agustus 2015

Dopamin.

Ada kalanya manusia mulai menjalin janji akibat dopamin yang kelebihan diproduksi oleh otak. Yang kini populer dengan nama CINTA. Janji-janji ini terkadang muluk-muluk, terkadang serius. Muluk-muluknya lebih sering. Misalnya saja janji sehidup semati, janji begini begitu, setia selamanya, mencintai selamnya, aku milikmu dan kamu milikku.
Lalu terbanglah mereka berdua ke nirwana.

Indah bukan?
Sayangnya dikenal sebagai makhluk paling payah mengontrol janji, manusia pun sering lupa, sering ingkar, sering bandel, sering melawan. Jadinya lah janji-janji tadi ya tinggal janji.

Tapi untungnya juga kita dikenal dengan makhluk yang berakal. Dengan neuron otak yang tersambung cepat sret-sret, tinggal minum multivitamin dan protein nah kita dapat menggunakannya seoptimal mungkin. Oleh karena itu kita mampu belajar, dan bangkit cepat.  Termasuk belajar dari kegagalan masa lalu.

Nah, seringnya dalam urusan kelebihan dopamin ini kita akan gagal pada kali pertama. Manusia menyebutnya patah hati. Dopamin akan diganti dengan depresi berkepanjangan. Biasanya gejala-gejala awalnya mewek berlebihan dan bawaanya pengen gorok orang.

Besok-besoknya setelah efek depresi reda, kita akan kembali waras. Berfikir ulang dan menata ulang kembali kehidupan. Manusia menamakannya move on.

Dan kejadian dopamin tadi akan kembari berulang tentu saja, kita kan hobby sekali jatuh cinta.
Akan tetapi mungkin kali ini akan beda, kali kita akan lebih jeli dan lebih paham. Cinta itu seperti apa sebenarnya, tujuannya, dan akhirnya sampai kepada apa. 
Tapi, kadang ada yang tidak jeli. Ada yang gagal berkali-kali. Dan tentu saja tergantung pilihannya, kegagalan itu akan menguatkan atau melemahkan.

Pada akhirnya, harapan kita menjadi satu.
Memiliki hubungan dengan orang yang kita cintai dan kembali mencitai kita.
Jika ingin berhasil, sepertinya kita harus jadi Super human.
Yang tidak gampang terpengaruh dopamin, yang tidak gampang mengingkari janji, dan memberi sebanyak-banyaknya.
Tidak mudah, cinta memang tidak pernah mudah bukan.

Makanya jarang-jarang yang mau berurusan dengannya. Rumit, mumet, bikin pusing. Name it.
Tapi bagi mereka yang berhasil, cinta melahirkan mereka menjadi manusia yang baru.


Begitulah cinta.
Selamat berjuang.  XD.







0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 maycut on post